Sinus – My Home Treatment

Batuk pilek i can handle, but when it comes to headache… Oh My, i give up.. Sakit kepala yang ini gak kaya sakit kepala biasanya, soalnya cuma di sebelah kanan, dan merupakan perpanjangan dari sakit di hidung yang merembet ke area mata. I’m no doctor, but i think it’s the sinusitis doing its thing. Yang nyebelin dari sinus ini, sakit kepala (or i can say pusing se-muka) bikin berdiri aja susah, apalagi mau gendong Al. Itu yang namanya alis disentuh aja sakitnyaaa.. Pagi ini bagian mandiin Al ku serahkan pada Papaku (since my Mom’s not home), cos i really couldn’t do it. And i am also a breasfeeding mama, so i can’t just take any medicine. Jadi dengan muka panas dan mata perih, aku googling home treatment untuk sinus (googling pake BB dapet pagenya,tapi kok pake laptop ga bisa kebuka ya?).

Menurut website itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai home treatment untuk meredakan (bukan nyembuhin) sinus. Diantaranya yaitu :

  1.  Jahe : ekstrak jahe biasanya digunakan untuk masalah hidung karena komponennya dapat menghambat pembentukan senyawa inflamasi. Jadi yang aku lakukan adalah buat teh hangat, dan di rumah ada bubuk minuman jahe merah instan, aku tambahin kira-kira 2 sendok kecil, sama gula sedikit. Mungkin lebih bagus lagi kalo pake jahe beneran, dikeprek trus direbus, trus airnya dipake nyeduh. But this was emergency!😀 Rasanya maknyoss banget, anget-anget-pedes-gimana gitu.
  2. Uap air hangat : waktu Al pilek kemaren, aku taro di wadah kecil air panas di tambah beberapa tetes minyak telon dan aku taro deket kepala di box tidurnya biar hidungnya gak mampet. Jadi cara itu aku pakai, cuma minyak telonnya diganti minyak kayu putih, dan baskomnya rada gede. Lumayan bisa ngencerin ingus loh ternyata.
  3. Kompres air anget : di daerah yang nyut-nyutan (sekitar hidung ke mata sebelah kanan), kompres pake waslap anget sambil tiduran (with no pillow) beberapa kali untuk ngurangin nyut-nyutannya. Pas kompresan ketiga aku ketiduran😀
  4. Tidur!! : sambil nahan sakit kepala dan mikirin Al yang belom aku gendong dari pagi, aku coba untuk bisa tidur sebentar, karena biasanya kalo pusing dibawa tidur pas bangun rada enakan.
  5. Minum air putih : ok, this is quite hard, bukan masalah minum air putihnya, tapi karena pada masa-masa kritis ini coba untuk hindari AIR DINGIN! Huhu.. I’m a really big fan of air dingin. Jadi rada susah, but of course i did it anyway. Emang air putih itu sumber kesehatan bener-bener ya.
  6. Vitamin C : i consume vit C everyday, tapi kali ini dosisnya harus ditambah ya, karena antioksidannya buat imunitas, also untuk penurunan efek histamin (senyawa kimia yang menyebabkan pembengkakan selaput lendir). CMIIW

Thank Goodness it worked. Muka udah gak nyut-nyutan lagi, walaupun mata masih rada perih sih, hidung juga udah gak sesakit tadi pagi. I’m gonna do these steps again this afternoon, and hopefully the headache don’t come again.

Selamat mencoba people…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s